Peningkatan Aktivitas Vulkanik Kawah Timbang

Senin, 06 Juni 2011

Wah, ini dia nih berita yang ga kalah heboh. kalian masih ingat kan dataran tinggi dieng? Tempat study tour yang pernah kita kunjungin itu lho. Inget kan? Nah, salah satu kawah di sana sekarang sedang mengalami peningkatan aktivitas vulkanik nih kawan-kawan. Nama kawahnya yaitu kawah Timbang. Untung saja kita sudah kembali dari study tour, kalo belum, mungkin kita ga akan dateng nih ke tempat ini. Sayang juga kan kalo kita ga datengin tempat seindah dan sekeren ini. Okeee, kita mulai ke beritanya.

Hingga Kamis (2/6/2011), aktivitas vulkanik Kawah Timbang di Pegunungan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, masih meningkat. Peningakatan itu ditandai dengan sering terjadinya semburan gas dari dalam kawah.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau warga, agar lebih waspada. Terlebih, semburan gas itu tidak hanya berasal dari dalam kawah, namun juga dari rekahan tanah akibat goncangan gempa beberapa waktu lalu.

Pos pengamatan Gunung Dieng di Kabupaten Banjarnegara pun semakin mengintensifkan pengamatan. Menurut Kepala PVMBG Surono yang memantau langsung pengamatan, aktifitas vulkanik Kawah Timbang di kawasan Dieng semakin meningkat hingga puluhan kali lipat. Semburan gas karbondioksida di tempat itu juga bertambah hingga 1,6 persen dibandingkan sebelumnya yang 0,1 persen.
Dari pengamatan visual, kawasan Kawah Timbang terus mengepulkan asap putih dan cenderung semakin tebal. Gas beracun itu tak terlihat mata dan tidak berbau. Hingga kini, Kawah Timbang masih berstatus waspada.
Surono pun menghimbau warga yang tinggal di radius kurang dari satu kilometer, agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.
                   Sumber : Liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar